windows live massenger pensiun, siapa penggantinya .?

sudah lama terdengar kabar windows live massenger akan di pensiunkan oleh microsoft.tapi baru-baru ini aku mendapatkan pemberitahuan langsung dari microsoft melalui email.

“Hello, 

We are retiring the existing Messenger service globally (except for mainland China where Messenger will continue to be available) and bringing the great features of Messenger and Skype together. Update to Skype and sign in using a Microsoft Account (same as your Messenger ID) and all your Messenger contacts will be at your fingertips. You’ll be able to instant message and video chat with them just like before, and also discover new ways of staying in touch with Skype on your mobile and tablet.”

translate 

“Halo, 

Kami pensiun layanan Messenger yang ada secara global (kecuali untuk Cina daratan di mana Messenger akan terus tersedia) dan membawa fitur yang besar dari Messenger dan Skype bersama-sama. Update untuk Skype dan masuk menggunakan Akun Microsoft (sama dengan ID Messenger) dan semua kontak Messenger Anda akan berada di ujung jari Anda. Anda akan dapat pesan instan dan video chat dengan mereka seperti sebelumnya, dan juga menemukan cara-cara baru untuk tetap berhubungan dengan Skype di ponsel Anda dan tablet.”

microsoft menghentikan layanan live massenger ini karena sudah tidak efektif lagi dan akan menggantikannya dengan sebuah layanan yang lebih hebat yaitu : skype.

pemberitahuan ini tidak berlaku bagi china. tapi tidak diketahui kenapa microsoft masih mengaktifkan windows live massenger dichina .